Tags

, ,

Pencurian kartu kredit semakin marak terjadi. Apalagi dengan kemudahan menggunakan kartu kredit sehingga semua orang dapat memakainya walaupun itu bukan kartu kredit milik mereka. Nah, bayangkan jika kartu Anda dicuri orang, maka si pencuri akan dengan mudah bertransaksi menggunakan kartu kredit Anda.  Lalu apa yang harus dilakukan jika kemudian kartu kredit Anda hilang atau dicuri orang?

Di bawah ini adalah langkah yang harus Anda lakukan jika kartu kredit Anda hilang atau dicuri orang:

  1. Setelah dipastikan bahwa kartu kredit Anda benar-benar hilang, segeralah menelepon bank atau pihak penerbit kartu untuk meminta kartu Anda diblokir. Ketika melakukan panggilan telepon ini nasabah harus melakukannya sendiri dan tidak dapat diwakili.
  2. Cek apakah ada transaksi di luar pengetahuan Anda atau setelah transaksi terakhir yang dilakukan.
  3. Ajukan klaim ketika ternyata ditemukan transaksi di luar transaksi terakhir Anda. Pengajuan klaim harus disertai dengan bukti yang kuat bahwa Anda benar-benar tidak melakukan transaksi itu.

Untuk mencegah makin maraknya penyalahgunaan dan pencurian ini sebelum 1 Januari 2015 pihak bank diwajibkan menggunakan Personal Identification Number (PIN) sebanyak 6 digit. Walaupun begitu jangan lengah setiap kali Anda menyimpan dan menggunakan kartu kredit.

Sumber Artikel