Tags

, , , , ,

Kemajuan teknologi komunikasi terutama internet telah mengubah paradigma pemerolehan informasi. Dengan internet semua sumber informasi bisa hadir di rumah atau genggaman tangan para penggunaanya tanpa harus repot-repot keluar rumah sehingga akan menghemat banyak sekali dana. Ibaratnya dunia ada dalam genggaman kita.

Internet menyediakan informasi yang asli dan akurat yang sangat bermanfaat sebagai media pembelajaran, khususnya bahasa Inggris.  Selain itu, internet menyediakan informasi dengan nilai yang tak terhingga sehingga layaknya harta karun tersembunyi yang akan menjadikan penggunanya kaya akan informasi. Pertanyaan yang menarik untuk diajukan adalah apakah kita sadar dan tahu betul bagaimana memanfaatkan internet sebagai media belajar online? Seberapa banyak kita telah memanfaatkan internet sebagai media belajar dan pengembangan profesionalisme kita?

 

Ketika kita berdiskusi tentang pembelajaran bahasa Inggris, tidak sedikit dari kita yang berasumsi jika belajar bahasa Inggris itu susah. Nah, mulai sekarang alasan belajar bahasa Inggris sebagai materi yang susah dipelajari tidak bisa sepenuhnya diterima. Mengapa? Ada banyak sekali media yang bisa dimanfaatkan untuk menanggulangi susahnya belajar bahasa Inggris. Media online menjadi solusi yang tepat.

Dalam tulisan ini saya ingin berbagi informasi website yang bisa dipergunakan untuk belajar bahasa Inggris online, bahkan kalau perlu materi bisa diunduh (download) sehingga bisa dijalankan secara offline.

Berikut ini beberapa alamat website yang menyediakan bahan pelajaran bahasa Inggris yang berkualitas dan layak Anda coba.

1. Australia Networkhttp://australianetwork.com/learningenglish/

Menyediakan aneka macam bahan pelajaran bahasa Inggris yang bisa diakses secara gratis bahkan didownload.

2. ABC Radio Australiahttp://www.radioaustralia.net.au/learnenglish/

Menyediakan materi pelajaran bahasa Inggris juga live streaming radio. Sambil online bisa mendengarkan siaran radio berbahasa Inggris.

3. BBC Learning Englishhttp://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/

Sebuah website yang menyediakan fasilitas belajar bahasa Inggris yang dikelola oleh BBC.

4. Learn English: British Councilhttp://learnenglish.britishcouncil.org/en/

Sebuah website yang menyediakan materi belajara bahasa Inggris yang disediakan oleh British Council.

5. VOA: Voice of Americahttp://www.voanews.com/learningenglish/home/

Menyediakan materi lengkap untuk belajar bahasa Inggris.

6. Kangguru Indonesia: http://www.kangguru.org/magazine/march2006.htm

Sebuah website pembelajaran bahasa Inggris yang dikelola oleh Australia Indonesia Partnership (AIP).

Sumber: subekti.com